Sunday, October 30, 2016

10 Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

Daun katuk sudah terkenal dengan segudang manfaatnya, baik jika dikonsumsi oleh segala usia, apa lagi bila di kunsumsi oleh ibu Hamil.


Ternyata daun katuk tidak hanya berguna dan menguntungkan para ibu menyusui dengan adanya efek hormonal yang diberikan oleh kandungan sterol bersifat estrogenik sehingga produksi ASI meningkat. Para calon ibu pun dapat memanfaatkan daun katuk.
Sebenarnya apa manfaat daun katuk bagi ibu hamil? Mengapa daun katuk menjadi salah satu cara menjaga kehamilan agar tetap sehat?.
1. Memperkuat Tulang
Ibu hamil memerlukan tulang yang kuat agar dapat bertahan dengan kandungan yang makin lama makin besar. Menjadi sumber kalsium, daun katuk adalah yang paling aman dan alami untuk dikonsumsi demi membuat tulang lebih kuat dan sehat. Hal ini sangat penting untuk mencegah gangguan kehamilan akibat kekurangan kalsium pada bayi
2. Menjaga Kesehatan Mata
Daun katuk dengan kandungan vitamin A-nya yang cukup tinggi berikut betakaroten bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan penglihatan. Baik semasa kehamilan maupun pasca persalinan, kesehatan mata perlu dijaga dengan tepat dan daun katuk akan sangat bermanfaat.
3. Meningkatkan Energi
Ibu hamil membutuhkan tenaga lebih. Sejumlah wanita akan merasa lemas dan enggan melakukan kegiatan seperti biasa ketika hamil.Daun katuk adalah pilihan tepat untuk dimanfaatkan karena menjadi salah satu sumber yang akan memberikan energi lebih pada para calon ibu dengan kandungan zat besinya. Zat besi akan mampu membentuk energi di dalam tubuh.
4. Menjaga Metabolisme Tubuh
Kandungan vitamin B serta zat bermanfaat lainnya pada daun katuk akan memberikan manfaat sebagai pengendali metabolisme tubuh agar tetap terjaga dengan baik dan pada kondisi stabil. Walau terjadi masalah pada metabolisme tubuh Anda, dengan nutrisi daun katuk dan makanan lain seperti manfaat ubi bagi ibu hamil maka metabolisme tubuh akan diperbaiki.

5. Menstabilkan Tekanan Darah
Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh siapapun terutama untuk menyetabilkan tekanan darah, termasuk tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Selain karena kalsium akan memperkuat tulang, kekurangan zat ini akan memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Daun katuk dengan kadar kalsium yang baik akan dapat membantu Anda . Cukup mengonsumsinya dengan porsi yang benar, asupan kalsium pasti didapat oleh tubuh.
6. Mencegah Penyakit Flu
Mungkin beberapa ibu hamil bisa dengan mudah terserang penyakit flu. Daun katuk adalah bahan alami yang bisa membantu mencegah penyakit flu parah saat hamil. Bagi yang tengah menderita flu juga akan dapat cepat sembuh dengan memanfaatkan daun ini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan efedrin di dalamnya yang mampu menjauhkan bahaya flu untuk ibu hamil.
7. Mengatasi Anemia
Anemia atau kondisi di mana seseorang dapat kekurangan darah kerap dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Parahnya, kemungkinan penderita anemia dapat kehilangan kesadaran. Bahkan gangguan tubuh ini bisa memicu gangguan kehamilan. Terjadinya hal ini adalah karena kebutuhan oksigen tidak terpenuhi secara cukup. Para wanita yang tengah hamil bekerja lebih berat sehingga rentan terkena anemia karena nutrisi dan energi harus dibagi juga untuk sang jabang bayi. Itulah mengapa zat besi dari daun katuk akan sangat menolong menghindari anemia pada ibu hamil.
8. Menyempurnakan Pembentukan Plasenta
Perkembangan janin akan sempurna bila sang ibu mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Seperti yang kita tahu, bayi hidup di dalam perut sang ibu akan dapat otomatis merasakan apa yang ibunya nikmati. Tersedia jalan penghubung hasil sari pati makanan dan tubuh bayi, apapun makanan yang dikonsumsi. Saluran tersebut adalah yang bisa disebut dengan plasenta. Mengonsumsi daun katuk akan sangat berguna dalam membentuk plasenta sehingga janin dapat berkembang dengan baik dari perkembangan janin 1 bulan hingga perkembangan janin 9 bulan.
9. Meningkatkan Hormon
Ada cukup banyak hormon yang para wanita hamil sangat butuhkan. Hormon yang dibutuhkan oleh tubuh memang terbilang lumayan banyak dan hal tersebutlah yang akan membuat bayi di dalam perut dapat berkembang dan bertumbuh dengan baik tanpa adanya hambatan atau pengaruh buruk. Ketika hormon meningkat, maka proses persalinan nantinya akan menjadi mudah juga sehingga daun katuk juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara agar persalinan normal tidak sakit.
10. Membuang Racun dari dalam Tubuh
Proses pembuangan racun ini juga disebut dengan istilah detoksifikasi. Terdapat kandungan klorofil di dalam daun katuk yang berfungsi membuat jaringan tubuh bersih dari racun. Segala virus, bakteri dan parasit pun akan diatasi dengan sempurna.

Jadi Para ibu hamil di himbau agar rajin mengkonsumsi daun katuk dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. 

Suka dengan tulisan ini like dan share ya :-)

No comments:

Post a Comment